Apakah Perbedaan Jam Analog dan Jam Digital? Simak Penjelasan Berikut Ini

Perbedaan Jam Analog dan Jam Digital

Apakah Perbedaan Jam Analog dan Jam Digital? Simak Penjelasan Berikut Ini

Apakah Perbedaan Jam Analog dan Jam Digital? Simak Penjelasan Berikut Ini 1078 1080 Januar

Tahukah Anda bahwa ada terdapat dua macam jenis jam? Jenis jam tersebut adalah jam analog dan digital. Lantas, apakah perbedaan antara keduanya? Berikut ini akan dijelaskan tentang apakah perbedaan jam analog dan jam digital yang harus Anda ketahui.

Perbedaan Jam Analog dan Jam Digital

  1. Pengaturan jam 

Cara mengatur jam digital dan jam analog tentu berbeda. Untuk mengatur jam analog, hanya ada 1 atau 2 tombol yang berguna untuk mengatur posisi jarum, sedangkan untuk mengatur jam digital terdapat lebih dari 3 tombol yang tergolong sulit untuk orang yang masih awam. Hal ini tergantung dengan fitur yang dihadirkan. Semakin banyak fitur jam digital, semakin rumit pula cara pengaturannya.

Baca juga : Waktu Sholat dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

  1. Perawatan jam

Untuk merawat jam analog jauh lebih mudah daripada merawat jam digital. Ketika terjadi kerusakan, servis jam analog juga tidak serumit memperbaiki jam digital. Masalah yang terjadi pada jam analog hanya sebatas pada sistem mekanik pergerakan jarum saja, sedangkan masalah jam digital lebih kompleks karena terdapat mesin yang lebih rumit.

  1. Baterai

Dari segi penggunaan baterai, jam digital dinilai lebih boros daripada jam analog. Hal ini karena fitur yang terdapat pada jam digital lebih banyak daripada jam analog. Jam analog hanya membutuhkan tenaga baterai untuk memutar jarum, sedangkan jam digital membutuhkan tenaga untuk menjalankan berbagai fitur.

  1. Tampilan

Tampilan jam digital lebih didominasi dalam bentuk angka, baik pada jam, menit, hingga detik. Selain itu, fitur-fitur lain seperti stopwatch, kalender, dan lain-lain juga ditampilkan dengan angka. Berbeda dengan jam digital, jam analog tampilannya lebih dominan dengan jarum-jarum, mulai dari jam, menit, dan detik.

Baca juga : Apa Saja Fitur di Jam Digital Masjid Selain Waktu Sholat?

  1. Fungsi

Terakhir, yang membedakan jam digital dengan jam analog adalah fungsinya. Jam analog biasanya memiliki fungsi-fungsi yang terbatas karena ruang pada jam sudah dipenuhi dengan jarum. Hanya fitur tanggal saja yang bisa tersemat di jam analog. Pada jam digital, fungsinya lebih luas, seperti timer, kalender, bahkan jam digital sekarang sudah digunakan sebagai penunjuk waktu shalat di berbagai masjid.

Lebih Baik Mana antara Jam Analog dan Digital?

Sebenarnya semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda lebih menyukai tipe jam yang simpel, maka Anda bisa memilih jam analog. Selain itu, banyak berbagai jam yang berkarakter klasik memiliki tipe jam analog. Efek vintage dapat diciptakan oleh jam analog jika Anda menyukai tema tersebut.

Jika Anda lebih menyukai sesuatu yang bersifat modern dan teknologi tinggi, maka Anda bisa memilih jam digital. Dengan tampilan led dan berbagai fitur modern, jam ini cocok untuk menambah gaya Anda. Selain itu, untuk mengatur jam digital bisa menggunakan remote sehingga Anda tidak perlu mencopot jam untuk mengaturnya.

Itulah tadi perbedaan antara jam analog dan jam digital yang harus Anda ketahui. Terlepas dari perbedaan antara keduanya, tetap harus Anda pahami bahwa fungsi utama dari jam adalah sebagai penunjuk waktu. Selebihnya, itu adalah selera masing-masing.

WhatsApp WhatsApp Kami