Puasa Rajab Beserta Haditsnya

ayat alquran shalat wajib 5 waktu

Puasa Rajab Beserta Haditsnya

Puasa Rajab Beserta Haditsnya 1600 1066 Admin Artikel

Di era teknologi seperti sekarang ini, membagikan sebuah post kepada teman adalah sesuatu hal yang mudah. Cukup copy pesan, dan pesan tersebut pun tersebar. Karena hal inilah, sangat mudah mendapatkan informasi dari mana saja, termasuk mendapat pesan sunnah puasa pada bulan Rajab. 

Maraknya pesan berantai mengenai fadilah puasa rajab membuat sebagian orang percaya dan mengerjakannya. Namun, apakah benar puasa rajab itu sunnah? 

Bulan di mana turunnya perintah sholat

Islam mengenal istilah bulan haram. Bulan haram sendiri terdiri dari Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab. 1 rajab tahun ini tepat pada akhir Februari. Rajab merupakan bulan di mana Nabi Muhammad melakukan isra’ mi’raj dan mendapatkan perintah sholat 5 waktu. Peristiwa ini sendiri diyakini terjadi pada 27 rajab. 

Dalil khusus yang menerangkan puasa rajab

Puasa memang memiliki manfaat sendiri untuk tubuh. Itu sebabnya seorang muslim dianjurkan untuk melakukan puasa. Selain puasa Ramadhan, Nabi mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan puasa sunnah, di antaranya adalah puasa Senin – Kamis dan puasa Ayyamul Bidh atau pertengahan bulan. Puasa sunnah lainnya yang seringkali digembar – gemborkan adalah puasa Rajab.

(Baca Juga: Keutamaan Sholat Dhuha? Yuk Baca Dulu!)

Namun, nyatanya tidak ada dalil khusus yang menerangkan puasa sunnah di bulan Rajab. Hanya saja, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa (kecuali ramadhan), berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa, berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa” HR Ahmad.

Dalam hal ini, tentu saja dibolehkan untuk melakukan puasa sunnah pada bulan rajab, namun bukan berarti mengkhususkan puasa bulan rajab seperti puasa ramadhan.

Panen pahala

Karena rajab merupakan salah satu bulan haram atau suci dan bulannya Allah, ini sebabnya kita dianjurkan untuk banyak berbuat kebaikan. Salah satunya adalah menjalankan ibadah sunnah. Mulai dari puasa sunnah atau sholat sunnah bisa kita lakukan sebagai tabungan atau bekal di akhirat kelak.

Ibadah sunnah apa yang sudah Anda jalankan di bulan rajab ini?

WhatsApp WhatsApp Kami