2 Doa Ini Bisa Dibaca Saat Ditimpa Ujian

2 Doa Ini Bisa Dibaca Saat Ditimpa Ujian

2 Doa Ini Bisa Dibaca Saat Ditimpa Ujian 1024 683 Admin Artikel

Saat ini, merebaknya wabah Covid-19 membuat sebagian besar masyarakat berusaha untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Salah satunya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik. Bagi seorang muslim, mencuci tangan bukanlah hal yang awam, karena membasuh tangan adalah hal yang wajib dilakukan saat melakukan wudhu.
Ini membuktikan, sebelum tagar mencuci tangan ataupun perintah harus sering mencuci tangan, Islam telah mengajarkan kita lebih dulu. Adanya wabah ini memang bisa dikatakan menjadi ujian terbesar dan dari sinilah kita seharusnya sadar akan kuasa Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita bersama – sama mengamalkan doa ini.

Doa Nabi Yunus

Masih ingat dengan cerita seorang nabi yang dimakan ikan paus? Ya, Nabi Yunus as. Karena muatan kapal yang berlebihan dan mengharuskan awak kapal berunding untuk mengeluarkan satu orang dari kapal, Nabi Yunus terpilih dan akhirnya dimakan ikan paus.  

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minazh-zhoolimiin

Artinya, Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang – orang yang dzalim.

(Baca Juga: Puasa Rajab Beserta Haditsnya)

Doa yang terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 87-88 ini terkenal ampuh. Ini dikarenakan Nabi Yunus yang merupakan seorang nabi mengakui kesalahannya. Membuktikan bahwa manusia memang tempatnya salah dan Allah lah yang Maha Benar. Selain itu, adanya penegasan ketauhidan bahwa hanya Allah yang berhak disembah, tidak ada yang lain.

Jadi, sudah sepatutnya kita menjadi hamba Allah yang bertakwa karena hanya Allah yang dapat membantu atau menolong kita dalam keadaan apapun.

Istirja

Kalimat istirja yaitu

Inaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun

adalah kalimat yang umum digunakan saat ada seseorang yang meninggal dunia. Namun, kalimat ini bukan hanya bisa digunakan saat itu saja, melainkan saat ditimpa musibah, ujian ataupun bencana. Contohnya saat ini, saat wabah melanda di mancanegara. Kalimat istira boleh digunakan.

Dalam surat Muhammad ayat 31, Allah menegaskan bahwa manusia akan diuji dengan kesenangan ataupun rasa takut dan kelaparan. 

(Baca Juga: Keutamaan Sholat Dhuha? Yuk Baca Dulu!)

Jadi, marilah kita bersama – sama ber-istirja dan mengucapkan doa Nabi Yunus agar mendapat rahmat dan petunjuk dari Allah. Juga menyadari bahwa hanya ada satu pemilik kerajaan langit dan bumi yang berhak diibadahi yaitu Allah dan kembalikan segala urusan kepada-Nya.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

WhatsApp WhatsApp Kami