3 Masjid Terdekat di Tiongkok Ini Keren

3 Masjid Terdekat di Tiongkok Ini Keren

3 Masjid Terdekat di Tiongkok Ini Keren 1280 830 Admin Artikel

Akhir – akhir ini China menjadi negara yang ramai dibicarakan terkait dengan Pulau Natuna. Pulau yang menurut informasinya dihuni lebih dari banyak biota laut sampai letak geografisnya yang strategis dengan jalur internasional ini, jelas membuat negara tetangga tertarik memilikinya. Namun kali ini, kita tidak akan membahas perebutan Pulau Natuna lebih jauh. Hal lain yang menarik justru tentang kehidupan warga China, tentang masjid terdekat di pemukiman warga.

Sebagai seorang muslim, berita mengenai muslim Uighur pasti sudah tersebar luas. Banyak berita menunjukkan para penduduk muslim di sana sulit untuk melakukan ibadah. Namun, pernahkah terpikir oleh kalian, kira – kira dengan penduduk muslim yang sedikit apakah ada masjid terdekat dengan pemukiman warga di sana? Ternyata negara minor muslimnya ini, punya beberapa masjid megah seperti ini lho

  1. Dongguan Giant Mosque

Masjid yang terletak di kota Xining sebelah tengah RRT atau Republik Rakyat Tiongkok ini ternyata bisa dibilang cukup luas. Menurut sejarah, masjid ini dibangun saat Dinasti Ming. Mungkin sekitar 300-an tahun yang lalu. 

Selain memiliki halaman yang luas, Dongguan Giant juga memiliki 1 kubah besar di tengan dan 2 kubah kecil di kanan kirinya. Tak lupa ornamen Tiongkok juga disematkan yang menunjukkan ini memang masjid di Tiongkok.

  1. Dongsi Mosque

Sama seperti Dongguan Giant Mosque, Dongsi Mosque juga dibangun saat Dinasti Ming memerintah China atau yang sekarang dikenal dengan Tiongkok. Lokasinya yang berpusat di Beijing menjadi bukti bahwa pada saat Dinasti Ming, sang Raja bersifat terbuka dengan agama yang dianut warganya. 

Masjid ini menjadi satu dari empat masjid terpopuler di Beijing dan memiliki keindahan tersendiri. Ini karena, Masjid Dongsi memiliki dua pohon di halamannya yang akan memperindah masjid saat musim semi.

  1. Emin Minaret and Su Gong Ta Mosque

Berlokasi di Turpan, Tiongkok, Menara Emin menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur bersejarah yang mengagumkan. Dilihat dari bangunannya, masjid ini sepertinya agak mengusung konsep bangunan Asia Tengah. Untuk bisa sampai ke dalam masjid, pengunjung diharuskan untuk menginjak beberapa anak tangga yang akan membuat hati berdecak kagum. 

Menara Emin sendiri dibangun untuk menghormati kematian Jenderal Turfan yang memiliki kontribusi besar bagi China. Menara dengan ketinggian sekitar 44 meter ini memiliki jendela sekitar 10 meter persegi yang berfungsi sebagai masuknya cahaya.

(Baca Juga: Waktu Sholat dan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui)

Ternyata negara yang memiliki ideologi komunis ini memiliki beberapa masjid terdekat yang keren juga ya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk para muslim yang ingin berwisata ke RRT. Pastinya jangan lupa sholat dengan mengikuti waktu di sana. Jika kesulitan dalam membaca waktu sholat, kalian bisa lho memberi hadiah jam digital untuk masjid tersebut. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi muslimin dan muslimah di sana dan bagian pahala In sya Allah untuk kalian.

WhatsApp WhatsApp Kami