Wajib Tahu! Inilah Fitur Standar Jam Jadwal Digital Masjid yang Bagus

Fitur Standar Jam Jadwal Digital Masjid

Wajib Tahu! Inilah Fitur Standar Jam Jadwal Digital Masjid yang Bagus

Wajib Tahu! Inilah Fitur Standar Jam Jadwal Digital Masjid yang Bagus 1012 864 Januar

 Jam jadwal digital masjid adalah jam yang digital yang digunakan untuk mengetahui kapan waktu sholat akan dimulai. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, hampir setiap masjid maupun musholla memiliki jam jadwal digital masjid ini. Bahkan tak terkecuali untuk penggunaan rumah sekalipun. Tak hanya untuk mengetahui waktu sholat saja, fitur lain dari jam jadwal digital ini juga tak kalah canggih. Lalu apa saja fitur yang dapat membuat jam jadwal digital tergolong dalam kategori bagus?

Jam Digital yang Akurat

Sebuah jam tak bisa disebut jam jika tidak terdapat fitur yang berfungsi untuk menunjukkan waktu. Dalam jam digital, tentu tampilan waktu yang ditunjukkan adalah dalam bentuk digital. Jam digital sendiri memiliki berbagai keunggulan, seperti memudahkan Anda dalam melihat waktu, karena jam digital menunjukkan waktu dalam bentuk angka. Jam digital juga lebih akurat karena dapat menunjukkan tak hanya jam dan menit, namun juga detik yang ditampilkan dengan cepat. Selain itu, meskipun pencahayaan minim, Anda tetap dapat dengan mudah melihat jam karena dilengkapi dengan lampu penunjuk.

Tertera Hari dan Tanggal

Fitur standar yang ada dalam jam jadwal digital masjid adalah tertera hari serta tanggal. Dengan begitu, dapat memudahkan Anda untuk mengetahui hari dan tanggal pada saat itu, meskipun tak semua jam jadwal digital dilengkapi dengan fitur yang dapat menunjukkan hari dan tanggal.

Baca juga : Bagaimana System Digital Saat Ini Membantu Sebuah Kemajuan Jaman, Terutama Buat Jadwal Sholat?

Tertera Jadwal Adzan

Standar jam jadwal digital masjid yang bagus selanjutnya adalah tertera jadwal adzan lengkap, mulai dari jadwal adzan sholat shubuh, sholat syuruq, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya. Dengan jadwal adzan yang akurat ini, dapat memudahkan imam dan juga jamaah yang hendak melaksanakan sholat. Bahkan tak hanya jadwal adzan saja, bagi yang akan menjalankan ibadah puasa, jadwal imsak pun tertera dengan jelas di jam jadwal digital.

Alarm Adzan Otomatis

Alarm adzan digunakan untuk mengetahui waktu adzan dengan tepat. Alarm adzan ini akan berbunyi tepat saat waktu mengumandangkan adzan telah tiba. Dengan alarm adzan, sang muadzin tak perlu lagi khawatir jika mengumandangkan adzan tak tepat pada waktunya.

Tertera Jam Iqomah

Tak kalah pentingnya dari fitur penunjuk waktu adzan, fitur penunjuk jam iqomah digunakan untuk memberikan informasi kepada jamaah berapa lama lagi waktu iqomah dikumandangkan setelah waktu adzan, sehingga para jamaah dapat bersiap-siap melakukan sholat.

Terdapat Fitur Running Text

Pada jam jadwal digital yang bagus biasanya dilengkapi dengan fitur running text. Fitur running text atau teks berjalan digunakan sebagai media untuk memberikan informasi maupun pesan-pesan penting kepada jamaah, seperti perintah untuk mematikan handphone, merapatkan shaf, informasi mengenai waktu pengajian rutin, dan lain-lain. Tampilan running text unik dan dapat mencuri perhatian, sehingga menarik minat untuk membaca informasi yang tertera di running text tersebut.

Cara Setting Jam Jadwal Digital

Setelah Anda membeli jam jadwal digital, Anda perlu mengatur berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. Ternyata caranya tidak sulit, simak cara setting jam jadwal digital berikut ini.

Baca juga : Keunggulan Jam Sholat Digital Dalam Memenuhi Keperluan di Masjid

Mengatur Kalender dan Jam

Pertama-tama Anda dapat mengatur waktu pada jam jadwal digital Anda, mulai dari kalender dan jam yang tertera. Umumnya, jam jadwal digital memiliki tombol menu yang dapat digunakan untuk mengatur kalender dan jam. Anda dapat menekan tombol tambah (+) maupun kurang (-) untuk mengaturnya.

Mengatur Waktu Adzan dan Iqomah

Pengaturan untuk fitur penting ini tak jauh beda dari mengubah fitur kalender dan jam, Anda tinggal menekan tombol tambah (+) dan kurang (-) untuk mengatur waktu. Untuk jeda waktu iqomah, umumnya sistemnya akan bekerja hitung mundur atau countdown setelah adzan berkumandang. Sebagai contoh, Anda mengatur waktu 10 menit, maka jam jadwal digital ini akan bekerja menghitung mundur selama 10 menit sesaat setelah waktu adzan.

Mengatur Running Text

Anda dapat mengubah tulisan running text sesuka hati Anda. Jika Anda ingin mengubahnya, umumnya anda hanya perlu menekan tombol restart. Kemudian aturlah sesuai dengan pengaturan jam jadwal digital masing-masing, karena dapat berbeda satu sama lain.Itulah tadi fitur standar jam jadwal digital masjid yang bagus. Anda tertarik untuk memiliki?

WhatsApp WhatsApp Kami