Menggunakan Jam Masjid Digital Lebih Tepat Sebagai Pengingat Ibadah Dibandingkan Jam Dinding Biasa

Menggunakan Jam Masjid Digital Lebih Tepat Sebagai Pengingat Ibadah Dibandingkan Jam Dinding Biasa

Menggunakan Jam Masjid Digital Lebih Tepat Sebagai Pengingat Ibadah Dibandingkan Jam Dinding Biasa 1040 780 Januar

Sekarang ini, banyak masjid yang sudah memasang jam digital sebagai penanda waktu menggantikan jam dinding analog. Jika Anda masuk ke dalam masjid, Anda akan melihat jam berbentuk persegi panjang yang menampilkan mulai dari waktu sekarang, waktu sholat lima waktu, tanggal, hingga teks yang berjalan. Itulah yang disebut jam masjid digital.

Jam digital yang dipasang di masjid memiliki kesamaan dengan jam digital pada umumnya yakni menggunakan pengaturan waktu secara otomatis. Hal ini tentu sangat memudahkan muadzin ketika akan mengumandangkan adzan atau pun pengunjung masjid yang menantikan waktu sholat. Selain itu, jam digital dapat mempercantik tampilan dalam masjid karena desainnya yang indah.

Apa Saja Kegunaan Jam Digital untuk Masjid?

1. Penunjuk Waktu Sholat Lima Waktu

Jam digital yang didesain khusus untuk masjid memang fitur utamanya adalah penunjuk waktu sholat. Setelah diatur, jam digital ini akan menampilkan jadwal sholat lima waktu yang berlaku. Tidak hanya jadwal sholat, jam ini juga memiliki alarm yang berbunyi sebagai pengingat waktu sholat. Dengan begitu, setiap orang dapat bersiap-siap untuk sholat.

Baca juga : Ini Dia Tips Merawat Jam Digital Dinding Untuk Masjid

2. Penunjuk Jeda antara Adzan dan Iqamah

Tidak usah khawatir apabila takut terlalu cepat atau terlambat mengumandangkan adzan/iqamah karena jam digital ini memiliki alarm adzan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur waktu jeda antara adzan dan iqamah. Nantinya, hitung mundur dari selesai adzan hingga mulai iqamah akan ditampilkan juga sehingga para jamaah bisa mengetahui pukul berapa sholat akan dilaksanakan.

3. Pengingat Hari Besar Islam

Jam digital yang dilengkapi dengan fitur runningtext atau teks berjalan dapat digunakan untuk menampilkan tulisan-tulisan tertentu. Nah, salah satunya adalah peringatan hari besar Islam. Agar lebih mudah mengingat dan menyiapkan perayaan apabila diadakan, Anda bisa menuliskan hari besar apa dalam waktu dekat sehingga tulisan itu akan selalu muncul hingga hari tersebut tiba.

4. Pengingat Kegiatan Penting Lain

Selain hari besar Islam, Anda juga bisa menampilkan tulisan lain berupa kegiatan yang akan dilakukan oleh takmir masjid, misalnya. Sehingga memberikan informasi sekaligus pengingat bagi para jamaah yang hadir. Tulisan lain juga bisa berupa ayat-ayat suci Al Quran sehingga dapat dibaca oleh orang lain yang semoga dapat mendatangkan pahala.

Baca juga : Ketahui 3 Manfaat Jam Dinding Digital di Era Digital

Kemajuan teknologi begitu memudahkan dalam segala hal termasuk ibadah. Dengan adanya jam digital yang fitur-fiturnya sesuai dengan kegunaan masjid, maka para muadzin hanya perlu melihat waktu sekilas atau menunggu alarm berbunyi. Para jamaah juga mengetahui apakah mereka masih mempunyai waktu cukup untuk menunaikan sholat sunnah dengan melihat waktu yang tersisa menuju iqamah.

Tampilan jam digital juga beragam dan Anda bisa memilih jam yang dilengkapi dengan fitur teks berjalan atau yang hanya menampilkan waktu sholat saja. Kelebihan jam dengan fitur teks berjalan memang lebih banyak karena dapat menampilkan ayat Al Quran atau tulisan lain untuk mengingatkan hari penting atau pun kegiatan lain.

WhatsApp WhatsApp Kami