Apa Saja Fitur di Jam Digital Masjid Selain Waktu Sholat?

Jam digital masjid

Apa Saja Fitur di Jam Digital Masjid Selain Waktu Sholat?

Apa Saja Fitur di Jam Digital Masjid Selain Waktu Sholat? 1040 780 Januar

Jam adalah alat yang biasanya dipakai buat mengetahui waktu agar kita bisa memperkirakan waktu yang sesuai dengan kebutuhan kita. Saking pentingnya, ada banyak jenis jam yang dibuat agar memudahkan manusianya melihat waktu, seperti jam digital yang khusus dibuat di masjid. Ada berbagai fitur khusus yang diberikan untuk jam digital masjid. Apa saja fitur di jam digital masjid?

Penanda Waktu Sekarang

Jam yang terpasang di masjid tentu saja juga memperlihatkan waktu yang sekarang atau real time. Tapi menariknya, jamnya bisa otomatis disesuaikan dengan yang ada di HP kamu, sehingga semakin gampang mengaturnya. Selain itu, meski bentuknya digital, kebanyakan jamnya ada yang diberikan ruang khusus baterai sendiri agar saat mati lampu jamnya masih bisa digunakan.

Waktu Sholat

Fitur penting lainnya yang tentunya harus ada di jam digital masjid adalah waktu sholat. Buat umat Muslim, menjalankan 5 sholat adalah kewajiban, sehingga agar tidak ketinggalan waktu 5 sholatnya, jam digitalnya perlu dilengkapi dengan waktu sholat yang akan berlangsung.

Misalkan, kalau kamu sholat ke masjid saat dzuhur, jamnya akan menunjukan waktu sholat ashar. Agar waktunya lebih gampang dimengerti, ada sistem hitungan mundur sebelum waktu sholat berikutnya tiba. Kalau sudah waktunya sholat, jamnya akan mengeluarkan bunyi sebagai penandanya.

Baca juga Manfaat Sholat Tepat Waktu Perlu Anda Terapkan

Jadwal Sholat Kota Besar

Apa saja fitur di jam digital masjid selanjutnya? Salah satu fitur yang biasanya disediakan di jam digital buat masjid yaitu jadwal sholat di kota-kota besar. Sekarang ini agar kita juga tahu kapan jadwal sholat di kota lain, kebanyakan jam digitalnya sudah dilengkapi dengan jadwal sholat yang berasal dari kota-kota besar tertentu di Indonesia.

Saat dinyalakan jamnya sudah menunjukan waktu secara otomatis. Tapi kalau ternyata kurang tepat, kamu bisa mengatur jamnya secara manual. Jadinya kamu tidak usah khawatir lagi kalau sewaktu-waktu ada kesalahan jadwal sholat di kota-kota lainnya.

Sistem Countdown Adzan dan Iqamah

Tidak hanya sistem hitungan mundur buat mengetahui waktu sholat saja, tapi kamu juga bisa mengaturnya untuk adzan dan iqamah. Sama juga agar kita semakin gampang tahu kapan waktu yang tepat, ada pengingat alarm kalau waktunya sudah tepat.

Buat mengaturnya gampang-gampang saja karena kamu bisa mengaturnya sendiri kapan adzan dan iqamahnya. Jangan lupa atur sistem hitungan mundurnya agar bisa berbunyi buat mengingatkannya.

Teks Berjalan

Tidak semua jam digital masjid punya fitur yang satu ini. Teks berjalan atau running text termasuk fitur tambahan yang menarik, agar bisa ditambahkan dengan teks-teks sesuai keinginan. Kamu bisa tambahkan teks berjalan, seperti ayat alquran, hari besar yang akan dirayakan, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.

Tidak bingung lagi kan apa saja fitur di jam digital masjid? Meski kelima fitur itu tidak semuanya ada karena tiap tipe berbeda-beda, setidaknya fitur itu sudah sangat membantu orang yang datang ke masjid agar semakin mengenal waktu sholat. Tapi tetap saja kalau kamu mau mencarinya yang tepat, sesuaikan dulu dengan kebutuhan masjid kamu.

Lengkapnya

WhatsApp WhatsApp Kami