Tips Hidup Sehat Seperti Rasululloh SAW

Tips Hidup Sehat Seperti Rasululloh SAW

Tips Hidup Sehat Seperti Rasululloh SAW 750 500 Januar


Hidup sehat itu merupakan sudah menjadi bagian yang seharusnya dijalani oleh manusia, terutama bagi seorang muslim.

Rasulullah SAW, mengajarkan kepada umatnya agar bisa menerapkan pola hidup sehat, karena jika seorang muslim sakit maka itu akan menghambat dalam mengerjakan ibadah dan melakukan kegiatan lainnya.

Pentingnya menjaga pola hidup sehat selama masa pandemi ini.
Hingga sampai saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19. Apalagi dengan adanya variant baru setelah variant “Delta” yakni “Omicron” membuat kasus angka positif Covid-19 bertambah setiap harinya. Masyarakat selalu diperingatkan oleh pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan karena hal tersebut menjadi kebutuhan kita semua.

Tentu tidak mudah untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Untuk itu kita dianjurkan untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat menangkal virus Covid-19. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan cara mengikuti pola hidup sehat sesuai Anjuran Rasululloh SAW.

  1. Makan makanan yang halal juga baik

Rasulullah selalu mencontohkan kepada umatnya supaya selalu mengkonsumsi makanan makanan yang halal dan juga baik.

“hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah : 168).

  1. Makanlah secukupnya dan sisakan untuk udara

Seperti dalam hadits berikut,”anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Maksud dari hadits tersebut bahwa kita janganlah mengisi penuh perut kita dengan makanan saja, tetapi juga harus menyisakan untuk air dan udara agar seimbang.

  1. Tidak meniup makanan atau minuman panas

Rasulullah melarang meniup makanan atau minuman panas itu dapat dijelaskan secara teori ilmiah.

yaitu, jika melakukannya maka bisa berdampak merusak kinerja ginjal juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. Tidak makan dan minum sambil berdiri

“Dari Anas bin Malik ra, dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau melarang seseorang untuk minum dengan berdiri. Qatadah bertanya kepada Anas, bagaimana kalau makan?, Anas menjawab, kalau makan dengan berdiri itu lebih jelek dan lebih buruk”, (HR. Muslim)

Jika Makan dan minum sambil berdiri dilakukan secara terus menerus itu tentunya tidak baik juga untuk kesehatan tubuh.

  1. Istiqomah melakukan puasa sunnah

Puasa sudah tidak perlu diragukan lagi dan begitu banyak penelitian yang menjelaskan mengenai puasa tersebut. Puasa di dalam Islam sangatlah banyak macamnya, mulai dari puasa wajib pada bulan Ramadan, dan juga berbagai puasa sunnah seperti puasa daud, puasa muharam, puasa senin dan kamis, dan lain sebagainya.

Diriwayatkan pada hadist Bukhari yang berbunyi, “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu.” Hal tersebut memberi sebuah arti jika puasa akan memberi manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh. Puasa juga menjadi sebuah cara detoks tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, timbunan lemak, dan berbagai zat merugikan lainnya.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Dengan menjaga kebersihan memang sudah tidak perlu diragukan lagi menjadi hal penting agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Apabila lingkungan sangat kotor tentu akan tinggi risikonya untuk timbul berbagai sumber penyakit seperti demam berdarah.

Hal yang membahas tentang kebersihan tersebut telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi).

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Dari kebersihan lingkungan, lalu beranjak pada kebersihan dari tubuh. Nabi Muhammad SAW sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Dan dengan menjaga kebersihan tubuh akan menghindarkan seseorang dari penyakit.

Berdasar Hadist riwayat Muslim dan Tirmidzi yang mengatakan, “Waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari.”

Dan akhirnya, sebagai umat muslim tentu wajib untuk mengikuti berbagai sunnah dan tuntunan salah satunya cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW tersebut, agar tidak mendapat kerugian di masa yang akan datang.

 

 

 

 

WhatsApp WhatsApp Kami